Senin, 19 Agustus 2013


Objek wisata Cibulan


Objek wisata Kolam Renag Cibulan salah satu objek wisata tertua di Kab Kuningan.Diresmikan pada 27 Agustus 1939.Oleh Bupati kuningan saat itu  Bp  R.A.A. Mohamand Achmad.Menurut cerita di objek wisata ini terdapat Ikan dewa  konon ceritanya ikan ikan ini dahulunya adalah prajurit-prajurit yang tidak setia pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi.Dan  kemudian dikutuklah prajurit-prajurit tersebut oleh Prabu Siliwangi  menjadi ikan.
Menurut Cerita juga ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah.
Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang entah kemana, namun saat kolam diisi air, mereka akan kembali lagi dengan jumlah seperti semula.
Legenda Kolam renang ci bulan masih melekat di kalangan masyarakat Desa manis Kidul  dan masyarakat Kuningan pada umumnya.
Objek wisata ini terdapat dua kolam yang berbentuk persegi panjang. Kolam pertama dengan kedalaman sekitar 2 meter. Sedangkan, kolam kedua  yang dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berkedalaman 60 sentimeter dan bagian kedua berkedalaman 120 sentimeter. Kedua kolam ini dihuni oleh puluhan ikan yang berwarna abu-abu kehitaman dan disebut sebagai Kancra bodas atau Ikan dewa (cyprinus carpico). Ukurannya berbagai macam mulai dari yang panjangnya 20-an sentimeter hingga 1 meter. Ikan Dewa adalah sejenis ikan yang dikeramatkan oleh penduduk di sekitar wilayah Desa Manis Kidul karena dipercaya mempunyai keistimewaan tertentu. Ikan -ikan tersebut tidak asingagi dengan pengunjung yang berenang, bahkan ikan-ikan tersebut jinak dan bisa di tangkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar